BEDAH JURNAL BATCH 1 PRODI SISTEM INFORMASI

urnal merupakan tulisan khusus yang memuat artikel suatu bidang ilmu tertentu. Sedangkan jurnal ilmiah adalah kumpulan artikel ilmiah yang dipublikasikan secara reguler dalam rangka mendiseminasi hasil penelitian. Dalam perkuliahan psikologi, sejak semester pertama perkuliahan mahasiswa sudah diperkenalkan dengan jurnal. Selain buku, jurnal adalah salah satu dasar atau sumber yang bisa dijadikan pondasi untuk melakukan karya tulis ilmiah, terlebih ketika pembuatan skripsi di semester akhir. Akan tetapi, tidak semua mahasiswa bisa menemukan dan membaca jurnal dengan tepat. Mengingat tidak semua jurnal bisa digunakan begitu saja, ada kriteria jurnal yang dikatakan baik dan dikatakan kurang baik. Namun bagaimana bisa mengetahui jurnal tersebut baik? Membaca jurnal tidak sama seperti membaca cerita pendek atau komik yang bisa selesai dalam waktu singkat. Sudah memakan waktu untuk membaca, ternyata jurnal tersebut bukanlah jurnal yang baik yang bisa kita gunakan.

Berangkat dari analogi tersebut, Bp. M.J Vikri, M.Kom adalah seorang dosen sistem informasi yang barusaja memilki prestasi yang membanggakan, yaitu memiliki usulan penelitian dosen pemula yang telah diterima oleh Kemenristek. Beliau memberikan beberapa paparan yang dinilai berarti dalam arahan riset untuk mahasiswa sistem informasi. sebelum memulai melakukan penelitian untuk skripsi mahasiswa juga perlu berlatih menulis dalam pekan- pekan jurnal mahasiswa yang banyak di gelar di acara nasional. selain itu beliau juga berusaha menjelaskan kepada mahasiswa bahwa penulisan riset si harus dapat membedekan dan menemukan keunikannya dibandingkan ilmu serumpun yang ada dalam satu fakultas kita di UNUGIRI.

Kegiatan ini juga disambut sangat baik oleh peserta. Meskipun acara ini berlangsung cukup lama, namun peserta terlihat sangat antusias sampai penghujung acara. Hal ini dapat dibuktikan dengan adanya pertanyaan-pertanyaan yang diajukan peserta kepada pembicara, tanpa adanya rasa ragu, malu, dan canggung. Salah satunya adalah Ubaidillah mahasiswa angkatan 2020 yang bertanya bagaimana cara mencari jurnal yang tepat, karena selama ini ia kesulitan untuk menemukan jurnal yang sesuai dengan tujuannya.

Di akhir acara moderator Nirma Ceisa Santi, M.Kom yang juga seorang dosen prodi SI menyimpulkan kegiatan ini. Hal utama yang harus dilakukan untuk mencari dan membaca jurnal: (1) ketahui tujuan membaca jurnal tersebut, (2) carilah jurnal yang baik (peer-reviewed) dengan menggunakan beberapa istilah terkait, (3) mulailah membaca abstrak jurnal terlebih dulu kemudian berlanjut pada pendahuluan dan kesimpulan, (4) proses review jurnal pada dasarnya adalah untuk membaca pola, bukan kegiatan menulis ulang atau menyalin serta harus paham tentang batasan ranah sistem informasi dan berpendapat atas apa yang telah dikatakan oleh pemateri

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *