VMTS PROGRAM STUDI

Juli 2020, Program Studi Sistem Informasi bersama Kaprodi, Sekprodi, Dosen dan mahasiswa bersama stakeholder mengadakan Focus Group Discussion (FGD) membahaas tentang Visi Misi Tujuan dan Sasaran Program Studi Sistem Informasi. Adapun Stakeholder yang diundang dan berkontribusi dalam FGD dibagi menjadi 2 sisi yaitu eksternal dan internal. Stakeholder internal dihadiri dari Lembaga Penjamin Mutu (LPM) yang dihadiri oleh Ketua LPM, Dekan Fakultas Sains dan Teknologi Bp. Sunu Wahyudi M.Pd Bersama Rektorat dalam hal ini Kehadiran WR I Bp. Dr. K H M.Ridlwan Hambali, Lc.M.a dan WR 3 Bp. Dr. Nurul Huda M.H.I sebagai support terpenting demi kemajuan mutu prodi.

Bersama stakeholder eksternal, yang pertama dari Kementrian komunikasi dan informatika Pemerintahan Kabupaten Bojonegoro yang diwakili oleh Bp. Helmi Fikri Kepala Bidang Layanan E-Goverment bersama rekan, Bp Mustaqbirin. Stakeholder kedua adalah Bp. Parandra Oktogoro, dalam kegiatan FGD VMTS ini beliau sebagai Praktisi IT yang saat ini bekerja sebagai praktisi IT di Exxonmobil Cepu Ltd.

Kegiatan FGD VMTS dilakukan bertujuan untuk merumuskan dari hulu ke hilir bagaimana mahasiswa Program Studi Sistem Informasi di Unugiri ini berproses dan diproses hingga dapat menghasilkan lulusan yang sesuai dengan kompetensi yang dirumuskan serta lapangan kerja yang dibutuhkan.

Pada saat FGD VMTS tersebut perwakilan dari Kementrian Komunikasi dan Informatika , Bp. Helmi dan Bp.Mustaqbirin menanggapi bahwa sebaiknya kompetensi (mata kuliah inti) dapat disesuaikan atau paling tidak dilakukan pendekatan dengan peluang kerja disekitar bojonegoro, dalam hal ini jika di Kominfo ada beberapa bagian yang perlu banyak pengembangan di website operasional kominfo yaitu perencanaan, penganggaran dan komunikasi adalah yang sekarang difokuskan pengembangannya, mungkin jika lulusan berkompeten bisa diminta bantuannya ke kemkominfo. Harapan mereka visi misi target dan sasaran yang sudah dirumuskan dikatakan sudah sesuai target dan menghasilkan lulusan yang tepat guna juga bagi masyarakat khususnya di Kab. Bojonegoro

Sedangkan dari Bp Parandra Oktogoro, sebelum menyampaikan tanggapan kepada Prodi mengenai VMTS Prodi SI, beliau menceritakan bidang kerja yang bersangkutan dengan sistem informasi di tempat kerjanya, beliau menyampaikan ada beberapa keilmuan yang bersangkutan dengan Sistem informasi yaitu teknik Petrolium (sistem pakar), teknik engineering( Sistem Pakar), sistem octarasi minyak mentah dan masih banyak yang lain. Harapan beliau sebagai user kepada Departemen IT (IT, CS, SI, Telkom) yang ada di Exxon adalah dapat mengolah data/ memberikan informasi yang perlu di analisa yang dibuat untuk dapat dijadikan insight oleh pengambil keputusan (Decission maker).

Visi Prodi Si yang disampaikan ditanggapinya dengan pertanyaan “internasional” yang seperti apa ? kemudian sesuaikan dengan idealisme internal regioanal bojonegoro dulu kemudian yang lebih luas lagi, jadi bertahap.

kemudian untuk misi, keberlanjutan seperti apa yang diharapkan dan pertimbangan seperti apa untuk dilaksanakan dalam prodi. Sedangkan tanggapan untuk target dan sasaran juga jangan lupa melihat kebutuhan pasar dan mengingatkan bahwa mahasiswa lulusan informasi juga bisa berenterpreuner karna saat ini banyak kebutuhan sistem dengan konteks by project.

Dari stakeholder internal yaitu LPM menanggapi draft VMTS tersebut untuk ciri khusus sistem informasi perlukah untuk di munculkan lebih lagi, seperti analisis dsb serta peletakan kata harus diperhatikan. Pada Misi, sepertinya integrasi dari aswaja belum nampak, beliau juga menyampaikan memungkinkan atau tidak jika misi lebih dibuat singkat/ simple. Selebihnya LPM menyampaikan untuk menata kalimat dengan EYD yang baik dan redaksional perlu di review ulang

Dekan FST, Bp Sunu Wahyudi M.Pd menanggapi bahwa indikator visi dan misi itu apa, kemudian tujuannya bagaimana dan tindak lanjut dari “menyediakan layanan” itu bagaimana, harus di sampaikan.

Tanggapan dan saran dari sisi eksternal dan internal akan dijadikan bahan ulasan untuk membenahi VMTS Prodi Sistem Informasi sehingga dapat membuat kualitas mutu prodi menjadi fokus serta menghasilkan lulusan yang kompetan dan diharapkan dapat melakukan MOU dengan instansi/ tempat kerja stake holder ekstern untuk menunjang perkembangan prodi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *